Kamis, 22 Maret 2012

TEKS PIDATO BAHASA INDONESIA "BELAJAR OK, DAKWAH YES"


Teman-temanku yang berbahagia
Dakwah........ kok kayaknya cukup berat ucapnya??? Kenapa?? Dan sepertinya seperti adanya pemisahan antara dakwah dengan belajar kita. Kesannya dakwah itu identik dengan anak-anak pondok gtu, tapiiiiiii sebenarnya dakwah adalah tanggung jawab kita sebagai seorang muslim. Cuma karena tugas dakwah itu cukup berat dan nggak semua orang bisa tahan menunaikannya, jadinya dakwah secara tidak langsung diberian kepada mereka yang mengetahuinya. Singkat kata dakwah itu wajib, sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Surat Fushilat ayat 33:

           

Yang artinya: ”Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada agama Allah.......”,  Abdurrohhman al-Bagdady juga menerangkan dalam bukunya Dakwah Islam dan Masa Depan Umat, tentang bagaimana hukum syara’ telah mewajibkan kaum muslimin utk berdakwah.
Dan juga Sabda Rasulullah SAW, yang artinya: “Siapa saja diantara kamu yang melihat kemungkaran, hendaklah mengubah dengan tangannya. Jika tdk sanggup, maka ubalah dengan lidahnya. Kalau juga tidak sanggup, maka dengan hatinya. Ini adalah selemah-lemah umat. ”
            So, dari situ saja sudah jelas indikasi ttg wajibnya dakwah. Indikasi tsb. Akan lebih jelas sesuai sabda Rasulullah SAW yg artinya, “Demi diriku yang ada ditangan-Nya, apakah kamu menyeru berbuat ma’ruf dan mencegah kemunkaran, atauah Allah SWT, akan menimpakan kepadamu siksaan yang apabila kamu berdoa kepada-Nya, maka AllahSWT  tidak akan memperkenankan doamu”.
            Yang jelas modal utama yang kita butuhkan adalah tekad kuat untuk memperbaiki diri dan mengajak org lain menuju kebaikan. Benah diri kta dgn baik sampai kta bnr2 dapat mengontrol diri kta sendiri. Mulai dri mncba menahan pandangan, menahan pendengaran , dan menahan mulut utk mencela. Kalau kta sdh dpt mengendalikan diri dengan baik berbicarapun akan enek bergaul jga akan enak. Program yang harus dimiliki oleh setiap muslim agar ia sukses cukup dgn 3 langkah:
1.      Muslim yang sukses berdakwah  ialah muslim yang mendawahi dirinya sendiri sebelum ia mengajak org lain kepada kebaikan
2.      Muslim yang berdakwah dengan sukses dalah mengajak orang lain dengan bukti prbuatannya, bukan hanya dengan teori  yang ia katakan saja
3.      Muslim yang berdakwah itu dari hati ke hati. Org yang diajak berbuat kebaikan dri hti ke hati akan lebih mudah menjalaninya
Dengarlah wahai sobatku....
Kalian tahu nggak kalau dakwah adalan suatu tanda C.I.N.T.A???
Maksudnya saat kita mau berdakwah, kita udah menyelamatkan orang yang kita ajak kepada kebaikan itu, secara tidak langsung kita udah memberikan tanda C.I.N.T.A untuk semua muslim karena sesungguhnya kita nggak mau melihat saudara kita menderita.
Allah SWT bersabda dalam QS. Al-Imron ayat 110 yang berbunyi:





Artinya: “Jadilah kalian sebaik-baik umat, yakni yang menyerukan kepada ebaikan dan mencegah kepada kemungkaran dan beribadah kepada Allah SWT”
Dan ternyata konsekuensinya jka kta tidak melakukan berdakwah ckup brat. Coba saja lihat disekitar kta, kemaksiatan yang mkin menjadi kebiasaan dan kejahiliahan yang telah menutup pandangan kitaserta terbentuknya keadaan umat dlm goncangan tnpa pedoman dan pegangan hidup, maka dari itu tegaklah kta sbg generasi penerus perjuangan para ulama akan terdiam melihat fenomena kegoncangan umat seperti ini?? Siapa yang akan meneruskan perjuangan para ulama?? Apakah panggilan islam yang tersebar iru kta biarkan tenggelam dalm budaya barat jahiliyyah........?? tentu tidak bukan ?? tapi semua itu krna kita enggan melakukan dakwah. BETUL  NGGAK??
            Maka dari itu menunda utk melakukan dakwah, iti hanya akan menambaah bobroknya diri, saudara, lingkungan, bahkan negara ini. Masa’ sih, kta terdiam saja kalau kemungkaran itu ada di depan mata kita?? Jangan-jangan kta memang telah terserang virus EGP yg mkin mewabah itu?? Kalau memang terjadi bisa jadi ini gejala kita terjangkit sekularisme (sikap meminggirkan islam utk mengatur kehidupan sehari-hari), tidak mungkin kan??
Jelas sekali kan sobat dakwh itu merupakan kebutuhan sehri-hri kta semua. Apalh jadinya dunia ini tanpa dakwah. Aktivitas terendah dari kita berdakwah seperti disebutkan dalam hadits tadi, yakni mengingkari dalm hati. Nah, kalau kita mengingkari dalam hati saja tidak bisa, bagaimana kita bisa berdakwah?? Naga-naganya kita malh setuju dengan kemaksiatan yg trjdi ini. Nggak nuduh sih  hanya memvonis belaka.
So siapkan dirimu utk mendapatkan estafet dakwah?? Bukan besok tpi mulai dari sekarang juga. Ingat saja kembali apakah kalian sudah mendapatkan hadiah di tanggal 14 februari kemarin?? Apakah valentine itu merupakan bagian dari jati diri seorg muslim?? Come on guys.... keluarlah dari penjara emas yang di buat musuh islam untukmu. Kita kan muslim yang terhormat dan Rasulullah paling sayang pada umat-umatnya yang masih muda sperti qta2 ini. Searang mri kta jernihkan pikiran kita dan sucikan hati kita.... maukah kita jadi ekor di blkang belenggu org2 jahannam itu?? Dan lebih penting lagi kita harus nyadar ini bukan budaya islam, masa’ ngakunya islam tpi yang bukan budaya islam oke oke aja?? Kalau sudah begini sadar atau tiak, secara tdk langsung kita ngasih lampu hijau utk org2 paramusuh Allah yang sejak lama menincar untuk menghancurkn kita dapt mulai brgrak lebih agresif lagi.
Sobat, dakwah adalah darah dan nafas kehidupan islam. Itu sebabnya kita yang masih remaja pun ditiuntut untuk menjadi pengemban dakwah yang handal. Kita khawatir seandainya didunia ini tidak ada yang menyebarkan dakwah-dakwah islam, bagaimana masa depan kehidupan manusia nanti? Jangan sampek islam dan umat ini hanya menjadi “KENANGAN”. Duhai generasi muslim, mau sampai kapan kita tertidur di dalam buaian kepalsuan ini?? Tunjukkan kalau kita muslim sejati ini menjadi trend setter. Sekrang juga mari kita genggam dunia tuk mendapatkan kembali KEJAYAAN ISLAM. Walau sulit jangan pernah kita gentar dan terpenting jgn ada lagi latah jdi seorg muslim. Jadilah engkau sosok pribadi yang baru dan akan lebih baik lagi setiap harinya. KEEP MOVING TO BE THE NEW YOU. Temukan dan jaga jati diri muslim kita okey????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar